Latest Post
Home » » Dunia Blogger, sejarah algoritma Google

Dunia Blogger, sejarah algoritma Google

Dunia Blogger 91 kali ini akan mengulas secara ringkas tentang sejarah algoritma Google yang dalam pandangan Dunia Blogger 91 dapat menjadi bekal bagi para blogger pemula semacam aku ini. Algoritma Google pada dasarnya adalah merupakan sejenis formula rahasia yang hampir setiap bulan diperbaharui oleh pihak Google yang tujuannya untuk menyingkirkan blog-blog yang berbau spam. Algoritma Google yang pertama kali (menurut wikipedia) pada waktu itu diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 yang dinamakan dengan Google v.1.0, pada saat itu Google sangat disukai oleh para usernya dalam menampilkan sebuah pencarian yang diinginkan oleh usernya. Lalu bagaimanakah perubahan-perubahan algoritma selanjutnya setelah Google meluncurkan Algoritma v.1.0 ini ? Berikut penjelasan mengenai sejarah Algoritma Google tersebut.

Dunia Blogger 91

Google v.1.0 (1998 - 2003)
Pada waktu ini hasil pencarian Google dikuasai oleh halaman web yang mempunyai lebih banyak inbound links (link masuk) yang berkualitas. Pemilik halaman yang peka akan keadaan ini dan lebih memfokuskan diri untuk mencari inbound links akan memenangi hasil pencarian pada Google Search Engine atau SERP.

Google v2.0 (2003 - 2006)
Pada 18 Jun 2003 Google melancarkan program Adsense. Adsense ialah program yang menawarkan kepada pemilik halaman web untuk menayangkan iklan yang dikelola oleh Google. Ini tentunya mendorong para pemilik laman web untuk membuat atau mencipta halaman yang mempunyai berbagai konten atau artikel, agar dapat disiarkan/ditayangkan iklan Adsense. Adsense lah yang membuat hasil pencarian Google berubah drastis. Dan pada saat itu SERP lebih mengutamakan blog yang memiliki niche selaras dengan Adsense (kesehatan, asuransi, mesin).

Google v3.0 (2006 - 2010)
Disebabkan terlalu banyak halaman web yang berwujud dengan kandungan SPAM sebagai 'pemacu utamanya', maka akibat dari itu Google membuat sebuah algoritma baru, yang mana lebih mengutamakan kualitas blog ketimbang inbound link (google v.1.0). Namun, algoritma ini juga tidak lama, karena berbagai masalah timbul disebabkan oleh pakar 'Black Hat SEO' yang menjarah traffic (pengunjung) melalui berbagai cara. Contohnya membuat komen-komen 'palsu' atau copas (copy paste) di situs-situs yang memberikan backlink, menulis secara 'robot' (dengan mempergunakan bot) dengan berbagai artikel 'sampah' (copy paste).

Google v.4.0 (2010 - 2011)
Google v.4.0 ini dapat dianggap sebagai penyempurnaan, kenapa dibilang penyempurnaan ? Karena algoritmanya semakin pintar dalam memilah blog yang berkualitas dan tidak, dan faktor yang digunakan adalah sebagai berikut :
 
1. Blog yang Mendapat lebih banyak komen
2. Blog yang Mendapat lebih ramai pelanggan RSS terutamanya Feedburner (yang mana ia telah dibeli oleh Google)
3. Blog yang Mendapat lebih banyak pengunjung
Atau mudahnya, Google tidak hanya menilai dari aspek isi artikel, melainkan juga ketiga aspek diatas.

Google v.5.0 (2011 - 2012)
Google v.5.0 atau yang sering kita kenal dengan Google Panda. Pada Algoritma ini, kembali lagi Google lebih menekankan pada kualitas konten, yang artinya semakin panjang dan berkualitas (memberi manfaat), maka Google akan menempatkan blog tersebut pada Top SERP (posisi puncak hasil pencarian).

Google v.6.0 (2012 - 2013)
Google v.6.0 ini juga lebih akrab kita dengar sebagai Google Penguin. Berbeda dengan si Panda, Algoritma Google Penguin ini kalau saya perhatikan lebih mengedepankan Originalitas atau Kemurnian artikel, tidak heran banyak para copaser yang kelimpungan menghadapi si Algoritma Penguin ini.

Google v.7.0 (2013 - Sekarang)
Google v.7.0 yang juga dijuluki sebagai Google Dinosaurus ini, yang saya tahu, katanya amat senang dengan Social Share. Jadi jangan sampai lupa untuk membagikan Artikel yang baru Anda buat ke berbagai situs Jejaring Sosial (Google plus khususnya).

Demikianlah secara ringkas uraian tentang sejarah algoritma Google yang dapat Dunia Blogger 91 uraikan dalam artikel ini, semoga dapat membawa manfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat menghargai anda bilamana komentar anda tanpa link aktif, tidak OOT, tidak promosi produk, tidak porno, tidak bersifat SARA serta tidak menggunakan modus Anonimous.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Back to top