Latest Post
Home » » Tehnik Optimasi Blog yang wajib diprioritaskan

Tehnik Optimasi Blog yang wajib diprioritaskan

Dunia Blogger 91Dunia Blogger 91 menuliskan artikel ini semata-mata dengan tujuan untuk membuka sekaligus menambah wawasan para blogger Indonesia yang berkeinginan untuk concern di dalam mengelola sebuah blog. Dari serangkaian tehnik Search Engine Optimization yang ada pada dasarnya dapat di bagi ke dalam dua bagian besar yaitu SEO OnPage dan SEO OffPage. Tehnik SEO OffPage pada dasarnya hanya berkaitan dengan masalah "backlink".

Sebelum berbincang lebih jauh, baiklah kita segarkan ingatan kita dengan definisi dari Search Engine Optimization seperti di bawah ini :

"Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu."

Dari definisi tersebut di atas, setidaknya terdapat tiga point utama yang harus dan wajib kita cermati, yaitu :

  1. Serangkaian proses atau tindakan yang dilakukan secara sistematis
  2. Meningkatkan volume dan kualitas trafik blog
  3. Memanfaatkan mekanisme kerja algoritma mesin pencari

Hal mana ketiga point tersebut wajib dijalankan dengan tujuan untuk menempatkan suatu situs/blog pada posisi yang bagus di hasil pencarian search engine (SERP).

Berikut ini adalah 3 tehnik optimasi blog yang wajib untuk diprioritaskan dalam hal penanganannya, agar sebuah blog mampu bersaing dengan jutaan blog yang lainnya.

Menghilangkan atau mengurangi terjadinya Brokenlink blog.
Brokenlink atau link terputus ini baik langsung atau tidak langsung sangat mempengaruhi eksistensi sebuah blog, karena apa ? Broken link ini sangat mengganggu proses crawling blog oleh mesin pencari, dan hal ini dapat di deteksi dan diselesaikan dengan mempergunakan Google Webmaster Tools.

Menghilangkan duplikasi meta content dan meta deskripsi.
Google search engine sangat tidak menyukai adanya file-file duplikasi ini, baik itu duplikasi konten blog, duplikasi deskripsi blog maupun duplikasi judul postingan. Masalah ini pun pada akhirnya dapat diselesaikan dengan mempergunakan Google Webmaster Tools, setelah sebelumnya melakukan proses-proses pendahuluan.

Meminimalisir atau menurunkan prosentase bounce rate blog.
Tingginya prosentase bounce rate blog dapat disebabkan oleh kurangnya variasi artikel-artikel blog, sehingga visitor atau pengunjung blog hanya terpaku untuk membuka satu halaman postingan (single page) serta tidak ingin untuk membuka halaman-halaman yang lainnya. Di samping itu kurangnya navigasi blog juga ikut menyumbang terjadinya bounce rate ini. Masalah bounce rate ini dapat diatasi setidaknya dengan dua hal yaitu memperbanyak artikel-artikel berkualitas dan lebih bervariasi serta memasang widget navigasi blog yang memadai.

Setelah anda berhasil melakukan tiga point tersebut di atas dengan baik, maka dalam hal ini anda telah siap untuk melakukan sharing artikel ke berbagai situs media sosial yang tersedia untuk itu, semata-mata dalam rangka untuk mengembangkan keberadaan blog yang anda miliki atau anda kelola. Percuma saja anda memiliki konten yang berkualitas dalam blog anda bilamana anda tidak melakukan langkah-langkah promosi untuk menarik pengunjung datang ke blog anda.

Demikianlah uraian Dunia Blogger 91 tentang tehnik optimasi blog yang wajib untuk di prioritaskan dalam konteks penanganan sebuah blog. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat menghargai anda bilamana komentar anda tanpa link aktif, tidak OOT, tidak promosi produk, tidak porno, tidak bersifat SARA serta tidak menggunakan modus Anonimous.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Back to top